• Jam Buka Toko: Jam 08.00 s/d 17.00
  • Status Order
  • SMS/WA: 628986508779
  • cs@bursabukuberkualitas.com
Terpopuler:

Resensi Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy

12 November 2015 - Kategori Blog

Resensi Novel Bumi Cinta Karya Habiburrsahman El Shirazy

jual-novel-bumi-cinta-habiburrahman-el-shirazy

jual-novel-bumi-cinta-habiburrahman-el-shirazy

Hawa nafsu adalah bagian dari fitrah manusia yang sulit dikendalikan, apalagi manusia sedang berada di lingkungan yang ekstrim terhadap godaan nafsu. Sepertinya, inilah plot/alur cerita yang dipilih oleh Habiburrahman dalam novelnya yang berjudul Bumi Cinta. Alur cerita ini akan memberikan pencerahan jiwa kepada pembaca setiap bab, karena secara keseluruhan, novel itu menegaskan, bahwa hidup di lingkungan yang eks Atheis dan penduduknya sangat minim memeluk agama, maka hidup di lingkungan seperti itu memerlukan perjuangan yang kuat dalam mempertahankan iman dan kesucian tubuh.

Saat cinta kepada- Nya lebih besar daripada cinta kepada makhluk- Nya

Santri salaf dari Indonesia yang sedang kuliah di India yaitu Muhammad Ayyas. Iabermaksud untuk melakukan penelitian yang ditugaskan oleh professor nya yaitu Professor Najmuddin untuk tesis magisternya tentang sejarah Islam di Negara Rusia yang dikenal sebagai Negara paling bebas se-dunia di masa pemerintahan Stalin.

Novel “bumi cinta” menceritakan tentang kisah Ayyas seorang pemegang teguh budaya ketimuran yang bertarung melawan sejuta musuh yang berkeliaran setiap detik. lebih kejam, lebih buas, lebih licik dan lebih sadis dibandingkan dengan musuh-musuh iman yang ada di negara yang terkenal bebas dan sekuler  seperti Amerika Serikat sekalipun.

Teman dekat Ayyas bernama Devid di Mokswa yang merupakan teman SMP Ayyas waktu di indonesia. Melalui Devid, Ayyas mengenal dua sosok perempuan Rusia, yaitu Yelena yang ramah dan menghargai keyakinan Ayyas yang berbeda dan Linor yang berperilaku sebaiknya kepada keyakinan Ayyas.

Ayyas melewati masa-masa sulit untuk menyesuaikan diri dengan perbedaan cuaca yang sangat ekstrim setelah beberapa hari ia memulai melakukan penelitiannya. Penelitiannya dibimbing oleh Profesor Abraham Tomskii seorang Guru Besar Sejarah Asia Tengah di Universitas Moskovskyj Gosudarsstvennyj Universiteit imeni Lomonsova (MGU). Namun karena Professor Abraham harus terbang ke Istanbul akhirnya ia dibimbing oleh asistennya seorang pakar sejarah dan filologi yang sangat cantik, cerdas dan begitu mempesona yaitu Anastasia Palazzo.

Ujian berat mulai datang Ayyas tinggal di apatermen bersama dua perempuan Rusia bernama Yelena  dan Linor yang setiap hari berpenampilan seperti binatang jalang, sehingga mau tidk mau Ayyas harus bersabar menempuh ujian godaan hawa nafsu yang sering terpancing oleh keindahan tubuh kedua perempuan Rusia itu. Tidak hanya itu, yang menjadi tantangan Ayyas dalam  menyelesaikan tesisnya, yaitu Ayyas dibimbing oleh seorang gadis Rusia yang paling cantik dibandingkan dengan Yelena dan Linor.

Ujian tersebut belum berhenti masih berlanjut saat Ayyas pulang ke apatermennya ia melihat Linor dan pacarnya Sergei sedang melakukan hal yang keji di ruang tamu. Ia terlibat perkelahian dengan Sergei. Linor hanya menjerit ketakutan. Ia menyuruh Sergei untuk berhenti. Namun ia malah ditampar dikata –kata pelacur. Linor pun marah. Ayyas terdiam melihat mereka berdua saling bunuh. Semua berakhir ketika Ayyas memberikan pukulan terakhir ke perut Sergei hingga tak sadarkan diri.

Satu persatu kebenaran terungkap. Ayyas akhirnya mengetahui siapa sebenarnya Yelena. Ternyata ia adalah seorang pelacur papan atas. Ayyas semakin lemas dan merasa tak nyaman berada di apatermennya.

Pada suatu hari Yelena menadapatkan penyiksaan yang luar biasa dari Kliennya. Ia dibuang ke sebuah jalanan sepi hingga akhirnya seorang nenek tua menemukannya dan tepat minta tolong pada Ayyas yang kebetulan lewat. Yelena dibawa ke rumah sakit namun telinganya sudah beku dan harus diamputasi.

Cobaan tidak berhenti sampai disana. Linor yang ternyata adalah seorang agen Zionis Israel Yahudi melaporkan keberadaan Ayyas pada rapat penting orang-orang Israel. Linor diminta untuk memasang alat penyadap di dalam kamar Ayyas. Mereka bermaksud untuk menjebak Ayyas. Untuk dijadikan kambing hitam pelaku pengeboman, supaya dunia semakin benci terhadap orang-orang Islam.

Linor secara diam – diam memasukkan tas ransel yang berisi bom kedalam kamar Ayyas. Hingga pada salah satu stasiun TV dikabarkanlah bahwa Ayyas yang melakukam pemboman itu. Tapi alibi seterang matahari, pada saat pemboman terjadi pada saat itu pula Ayyas sedang menjadi narasumber acara talk show “Rusia Berbicara” bersama Dr. Anastastia Palazzo. KBRI pun membela Ayyas dengan sekuat tenga hingga akhirnya Ayyas dibebaskan dari tuduhan.

Linor yang mengetahui bahwa rencana itu gagal, sedikit senang. Karena ternyata ia adalah seorang keturunan orang palestina. Ibunya meninggal di Gaza dibantai oleh orang-orang Israel. Ia akhirnya memilih untuk meninggalkan Zionis. Ia menemui Ayyas menyampaikan maksud hatinya agar Ayyas mau menikah dengannya. Namun  Ayyas masih ragu. Satu hal yang membuat Ayyas menyesal, ketika Linor pulang dari tempat tinggalnya tiba-tiba ada sebuah mobil yang mengarahkan tembakan kepada Linor. Linor Tumbang, ia bersimbah darah. Ayyas begitu tersentak dan langsung membawanya ke Rumah Sakit. Entah apa yang terjadi selanjutnya.

Kekurangan Novel

  1. Novel ini terlalu melebih – lebihkan tokoh utamanya, terkesan sempurna tokohnya.
  2. Sisipan sejarahnya teralu panjang dan membuat jenuh. Terutama bagi orang yang tidak suka membaca sejarah.
  3. Permasalahan ceritanya tidak begitu pelik. Sehingga sukar ditentukan mana bagian klimaksnya.

Kelebihan Novel

  1. Ceritanya terasa mengajak berimajinasi tentang indahnya kota Rusia yang kaya peninggalan – peninggalan sejarah.
  2. Isinya sarat akan dakwah
  3. Akhir kisahnya menggantung, yaitu ketika Linor ditembak oleh agen Mossad setelah ia berhijrah ke islam. Hingga halaman terakhirnya tidak di ketahui apakah Linor ini akan mati atau selamat. Akhirnya seperti ini sangat membuat pembaca menjadi penasaran.
  4. Buku ini layak dibaca karena didalamnya terselip pengetahuan secara rapih dan enak di baca.
  5. Disuguhkan dengan nilai agama islam yang sangat kental
  6. Dan dapat memberikan pencerahan bagi pembacanya.

 

Selamat membaca !… cerita selanjutnya sobat…

Terimakasih

Harga Novel BUMI CINTA Karya Habiburrahman EL SHirazy : Rp 70.000

==========================================

Cara Cepat Pesan / Beli Novel Bumi Cinta

Caranya hubungi kami di WA/LINE : 0898.6508.779 dan PIN BB : 5872795E

Dapatkan BONUS KHUSUS bagi yang belanja minimal 2 buku di BursaBukuBerkualitas

=========================================

Belanja Sambil Berbagi : Dengan membeli buku di BursaBukuBerkualitas berarti telah BERBAGI #BuatMerekaTersenyum, karena 10% laba usaha kami, disisihkan untuk kegiatan sosial komunitas Pecinta Anak Yatim & Doeafa Indonesia Tercinta

Jazaakumullah… :)

 

, , , , , ,

WhatsApp WhatsApp Kami