• Jam Buka Toko: Jam 08.00 s/d 17.00
  • Status Order
  • SMS/WA: 628986508779
  • cs@bursabukuberkualitas.com
Terpopuler:

RESENSI NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY

12 May 2017 - Kategori Blog

RESENSI NOVEL BIDADARI BERMATA BENING

resensi novel bidadari bermata bening karya habiburrahman el shirazy

kutipan novel bidadari bermata bening karya habiburrahman el shirazy

Assalamualaikum para pembaca yang mampir kesini :)

Kamu sudah beli novel bidadari bermata bening ini? Atau baru ada rencana mau beli novel ini? Saran saya, langsung saja beli novel ini ya karena novel ini bagusnya luar biasa.hehe Saya, saat novel ini sampai di toko langsung saya habiskan novel ini hanya dalam 2 hari! Coba bayangkan, jarang-jarang lho saya bisa menghabiskan novel yang punya 337 halaman langsung habis dalam 2 hari. Di halaman pertama, pengenalan setting dan kegiatan tokoh utama langsung membuat adem pembacanya. Tapi beberapa halaman setelahnya langsung jantung tuh berdegub kencang karena langsung ada konflik fisik antar santri perempuan lho. Hayooo.. penasaran kan ya? :P

Setting utama novel ini sebagian adalah pesantren kanzul ulum yang berada di daerah magelang. Disini kegiatan santri perempuan akan begitu terasa. Namun disini, sudut pandang bukan dari santri pada umummnya namun lebih dari itu yaitu santri yang merangkap menjadi khadimah (pembantu) pesantren. Dengan konsep pesantren modern, yang hampir sama dengan pesantren gontor hanya saja di pesantren ini masih mengandalkan pelajaran kitab kuning. Yang pernah belajar kitab kuning pasti akan langsung klik dengan istilah-istilah yang dipakai dalam novel ini. Walau begitu, nanti di bab-bab selanjutnya setting akan berubah di daerah purwodadi dan nanti juga ada setting di bogor bahkan ada yang luar negeri lho :)

Tokoh utama dalam novel ini bernama Ayna. Perempuan kuat yang selalu memegang teguh nilai-nilai islam dalam dirinya. Banyak sekali penderitaan yang akan dilalui oleh perempuan ini. Pembaca juga disini akan banyak simpati dan merasakan apa yang tokoh utama rasakan. Saat sedih hati ikut sedih, saat gembira hati ikut gembira. Penggambaran perasaan yang dilukiskan kang abik benar-benar terasa.  Kalau istilah sekarang BAPER, pasti bakalan BAPER dengan novel bagus ini.

Banyak sekali nilai-nilai yang terselip dalam novel ini, utamanya nilai-nilai islam. Khas dengan novel-novel kang abik, selalu tidak pernah tidak tanpa sadar pembaca akan diajarkan nilai-nilai islam yang jarang diajarkan di sekolah islam. Selain itu, ternyata ada juga kritik sosial yang diselipkan di novel ini, misalnya sikap orang yang memiliki kelebihan harta terhadap orang yang memiliki kekurangan, penipuan terhadap orang-orang yang baru datang dari kampung, dan juga masalah umur dalam pernikahan. Tak hanya itu, disini juga kang abik ada kritik politik lho, tentang bagaimana orang politik bersikap angkuh dan menghalalkan segala cara. Masyaallah, saya yang membaca ini jadi merasa beruntung sekali setelah membaca ini karena selain dapat manfaat pembaca pada umumnya yaitu menghibur pembaca, nilai plusnya tanpa sadar iman dan karakter kita jadi terbangun.

Banyak nanti twist-twist yang dimainkan oleh kang abik. Yang ternyata detail-detail kecil di bagian awal tiba-tiba jeger!!! ternyata nanti dibuka di bagian-bagian akhir. Agak kaget juga, jadi ibaratnya tuh gini. Kang abik ngasih detail kecil terus pembaca dibuat lupa dengan detail itu kemudian jeger! detail kecil itu kemudian diingatkan lagi. Jadi jarang sekali detail kecil yang hanya tempelan, semuanya saling terhubung.

Jadi bagaimana? Rekomended gak? REKOMENDED BANGET LAHHHHH :D hehe. Seperti yang sudah disebutkan di awal novel ini, novel ini selain bagus di penggambaran setting dan perasaan tokoh selain itu nilai-nilainya itu yang membuat hati ini jadi lebih tenang, jadi lebih kuat dalam menghadapi masalah, jadi lebih ngerti islam yang kaffah. Huah! pokoknya puas banget deh baca novel ini. Dijamin gak nyesel malah yang ada merasa jadi orang paling beruntung karena memiliki novel ini ;)

Ohya berikut identitas novel bidadari bermata bening yang mungkin saja dibutuhkan :

Cetakan I, April 2017
iv + 337 halaman ; 13,5 x 20,5 cm
ISBN 978-602-0833-64-8
Jakarta ; Republika Penerbit
Editor ; Syahrudin El Fikri

Beli novel bidadari bermata bening ini dimana? KLIK ini aja ya >> bit.ly/bidadaribermatabening

Berikan komentarmu tentang novel bidadari bermata bening ini di kolom komentar ya. Bisa berupa pertanyaan tentang novel ini, kesan kamu selama membaca novel ini atau apapun tentang novel ini sambil diskusi agar pengunjung lain bisa mendapat informasi lebih dengan melihat komentarmu. Insyaallah direspon cepat oleh kami ?

 

, , , , , , ,

WhatsApp WhatsApp Kami